Pada Tanggal 22 Juli 2024 SMKS Islam Assa’adatul Abadiyah yang merupakan SMK Swasta di Jakarta Barat dengan jurusan (AK,MPK,BRT,DKV,TJKT,LPKC, dan KL) berhasil mempertahankan Akreditasi A sesuai dengan ;
BAN-PDM
SERTIFIKAT AKREDITASI
No. PA.00843/31/2024
Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional
Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Nomor: 104/BAN-PDM/SK/2024
menyatakan bahwa :
SMKS ISLAM ASSAADATUL ABADIYAH JAKARTA
(NPSN 20101641)
TG. DUREN DALAM IV/25 JAKARTA BARAT, TANJUNG DUREN SELATAN, KOTA JAKARTA BARAT, DKI Jakarta
Terakreditasi A
Sertifikat ini berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2029
Peringkat Akreditasi ini diberikan berdasarkan analisis data sekunder
Atas kinerja satuan pendidikan
Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 22 Juli 2024
Ditandatangani secara elektronik oleh:
Ketua Badan Akreditasi Nasional
Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Totok Suprayitno, Ph.D.
“Dalam dunia pendidikan, akreditasi adalah salah satu indikator penting yang menandakan kualitas suatu institusi. Bagi kami, mempertahankan akreditasi A adalah sebuah pencapaian monumental yang tidak hanya membanggakan, tetapi juga menjadi bukti nyata dari kerja keras dan komitmen kami terhadap pendidikan berkualitas”. Ujar Bapak Muhammad Fathoni, S.Kom., M.Msi selaku Kepala SMK Assa’adatul Abadiyah.
Segala sesuatu dimulai dengan visi yang jelas. Sejak awal, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya mendidik, tetapi juga mampu membentuk karakter dan keterampilan siswa. Tim manajemen dan pengajar bersatu untuk merumuskan misi dan tujuan institusi yang selaras dengan standar akreditasi dan tak lupa sistem assesment yang kami gunakan adalah sistem assesment berbasis projek.
Setiap langkah yang diambil didasarkan pada evaluasi mendalam terhadap program yang kami tawarkan. Kami melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi. Dari sini, kami mulai merancang strategi untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan fasilitas yang ada.
Satu faktor kunci dalam mempertahankan akreditasi A ini adalah memiliki tim yang solid. Kami menyadari bahwa setiap individu di civitas akademika ini memiliki peran penting. Oleh karena itu, kami mengadakan pelatihan berkala untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengajar. Dengan melibatkan semua pihak, kami menciptakan budaya kerja sama dan kolaborasi yang erat.
Kami juga melibatkan siswa/i dalam proses ini, meminta masukan tentang pengalaman belajar mereka. Umpan balik ini menjadi bahan evaluasi yang berharga untuk perbaikan terus-menerus.
“Setelah menilai semua aspek yang ada, kami menyadari bahwa kurikulum kami perlu diperbarui agar sesuai dengan standar akreditasi. Kami melakukan revisi menyeluruh, mengintegrasikan teknologi terkini dan metode pengajaran inovatif. Selain itu, kami memastikan bahwa kurikulum kami tidak hanya fokus pada pengetahuan akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan soft skills, hard skills dan karakter siswa mengingat kita adalah sekolah menengah kejuruan yang dimana kita lebih mengutamakan kemampuan hard skills untuk bekal di dunia industri kedepannya”. Ujar Bapak Mujiyo, S.Pd., MM selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.
Kami juga menjalin kemitraan dengan berbagai institusi untuk memastikan bahwa kurikulum kami relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dari para profesional di bidangnya.