Peringatan Hari Kartini di SMK Islam ASSA'ADATUL ABADIYAH

Kartini menjadi salah satu sosok penting dalam emansipasi wanita di Indonesia. Oleh karena itu lah, tanggal 21 April yang juga merupakan hari lahir perempuan asal Jepara, Jawa Timur, tersebut diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasanya dalam kesetaraan gender.

Raden Ajeng Kartini, dikenal dan dikenang sebagai pahlawan wanita, karena jasanya di bidang pendidikan. Dimana, dirinya berhasil mendirikan sekolah untuk wanita di Jepara dan Rembang Jawa Tengah.

Raden Ajeng Kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan telah dinobatkan sebagai pahlawan perempuan atau wanita. Selain menjadi pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan pahlawan perempuan indonesia, juga telah berhasil mendirikan sekolah wanita di daerah Jawa Tengah, Raden Ajeng Kartini juga, pernah mendapatkan beasiswa di Negara Belanda, yang didapatkannya juga dari Parlemen Belanda.

Salah satu buku yang sangat populer di kalangan masyarakat hingga kini, yang menjadi simbolis Raden Ajeng Kartini, yaitu ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ .

Beberapa aplikasi semangat serta perjuangan yang telah dilakukan Kartini semasa hidupnya yang bisa kita contoh, diantaranya :

  1. Berjiwa Religius
  2. Semangat Pembelajar
  3. Kepekaan Sosial Terhadap Sesama
  4. Memiliki Moral Yang Baik

Komentari Tulisan Ini