Sumpah Pemuda di SMK Islam ASSA'ADATUL ABADIYAH

Bagi masyarakat Indonesia, 28 Oktober adalah hari bersejarah. Hari dimana lahirnya sumpah pemuda. Dalam sumpah pemuda bisa dilihat bahwa begitu luar biasanya perjuangan pahlawan Indonesia dalam membebaskan bangsa Indonesia untuk melawan para penjajah.

Peristiwa sumpah pemuda dilatar belakangi oleh munculnya dorongan untuk bersatu dalam diri pemuda Indonesia. Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia terpecah belah akibat perbedaan suku, agama dan ras.

Pemuda mengaggap bahwa keadaan tersebut membuat penjajah semakin mudahuntuk melakukan politik adu domba atau lebih dikenal dengan Devide Et Impera.

Perlawanan terhadap penjajah pun sangat sulit untuk dilakukan, hal ini dikarenakan oleh perlawanan bangsa Indonesia yang kala itu lebih banyak bersifat fisik dan kedaerahan, sehingga sangat mudah untuk dipatahkan oleh penjajah.

Para pemuda terpelajar menyadari kondisi ini dan mereka mulai berfikir untuk merubah strategi perlawanan dari gerakan fisik menjadi gerakan politik. Maka bermunculan beragam organisasi-organisasi kepemudaan daerah.

Beberapa diantaranya yang cukup terkenal yaitu, Jong Java (Pemuda Jawa), Jong Sumatranen Bond (Pemuda Sumatra), Jong Minahasa (Pemuda Minahasa), Jong Celebes ( Pemuda Sulawesi).

Menyadari pentingnya persatuan mereka menginginkan agar organisasi-organisasi yang bersifat kedaerahan itu meleburkan diri menjadi satu organisasi yang bersifat nasional untuk bersama-bersama melawan penjajah. Karena pengalaman mengajarkan bahwa organisasi-organisasi bersofat kedaerahan sangat mudsah untuk dipatahkan oleh penjajah.

Maka semua akhinya bersepakat untuk melakukan kongres pemuda. Kongres pemuda dikerjakan oleh organisasi kepemudaan yang saat itu terpecah belah. Kongres pemuda diselenggarakan di Jakarta dan terjadi sebanyak dua kali, yakni kongres pemuda satu berlangsung pada tanggal 30 april sampai 2 mei 1926, dan kongres pemuda dua berlangsung pada tanggal 27-28 oktober 1928.

Pada kongres pemuda dua tersebut mereka mengeluarkan sebuah ikrar yang dikenal dengan sumpah pemuda. Isi sumpah pemuda terkandung dalam putusan hasil kongres pemuda saat itu, sumpah tersebut berisikan satu nusa satu bangsa dan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.

Berikut isi dari sumpah pemuda :

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Ikrar sumpah pemuda menjadi tonggak perjuangan bangsa Indonesia secara nasional untuk bersama-sama melawan penjajah guna untuk menjadi bangsa yang merdeka dan bebas dari segala bentuk penjajahan serta penindasan.

Dalam peristiwa sumpah pumuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kalinya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman.

sumber :wikipedia.com

Komentari Tulisan Ini